February 16, 2014

Cara Kucing Berbicara

Mungkin kita yang memiliki kucing pernah kebingungan sembari bertanya “Mau apa sih, Pus??” kepada kucing kita. Mungkin kita tidak memahami apa yang mereka pikirkan saat itu. Bisa saja ketika kucing kita sedang ingin bermain-main dan bermanja-manjaan dengan kita, kita malah memberikan mereka makanan lalu kita asyik dengan kegiatan kita sendiri.

Theophile Gautier, seorang novelis dan penyair Prancis yang hidup pada tahun 1811-1872 menyatakan, “Berteman dengan kucing adalah hal sulit. Kucing merupakan hewan pendiam yang gigih mempertahankan kebiasaan-kebiasanya, menyukai keteraturan dan kebersihan, serta tidak mudah mudah menawarkan pertemanan. Jika anda pantas mendapatkan kasih sayangnya, kucing akan menjadi teman, tetapi tidak pernah menjadi budak anda. Ia menjaga kebebasanya dan ia tidak penah melakukan apa yang ia pikir tidak masuk akal. Namun, sekali ia menyerahkan dirinya kepada anda, Ia akan meyerahkanya dengan kepercayaan diri dan kasih sayang yang sebenar-benarnya.”


Kucing memang pada dasarnya bisa berkomunikasi dengan manusia. Bahkan mereka mencari cara untuk berkomunikasi. Entah itu suara, bahasa tubuh, ataupun cara-cara lainnya. Kita juga bisa berkomunikasi dengan kucing. Untuk memahami gerakan dan bahasa tubuh kucing disini saya mencoba share agar kita lebih dekat dengan kucing kita dan memahami "Apa sih maumu?"

Cek this out.... :P :D

cat anim





1. GERAKAN EKOR

Sikap berjalan seekor kucing merupakan suatu tanda yang dapat menunjukkan keadaan jiwa atau mood dari kucing tersebut. Ekor kucing seperti satu apostrophe tua dan besar yg terletak di ujung badannya dan bisa dijadikan satu petunjuk yg baik tentang rasa sayangnya, agresinya, ketakutan, dan kegembiraannya. 

  • Terkadang kita melihat seekor kucing berlari-lari dengan penuh keanggunan sambil mengibas-ibaskan ujung ekornya dan sikap seperti ini secara tidak langsung menggambarkan bahwa kucing tersebut dengan penuh suka ria menyambut kedatangan Anda.

  • Gerakan yang sangat lemah lembut serta perlahan-lahan pada ujung ekor kucing juga menunjukkan bahwa kucing tersebut sedang merasa nyaman ataupun ia sedang rileks, tetapi gerakan seperti ini dapat pula mengindikasikan bahwa kucing tersebut sedang bersikap waspada pada saat ia ingin menerkam mangsa buruannya.

  • Satu gerakan ekor yg paling primitive adalah kibasan tegas bolak balik ke belakang dan ke depan, kadang disebut sword tail. Baik itu kucing liar yg sedang menguntit zebra, maupun kucing rumahan yg sedang mengincar galian, dia akan mengibaskan ekornya untuk mendorong mangsanya bergerak, dan menyerangnya. Dalam rumah, bisa dengan membiarkannya hingga dia merasa relaks, atau dengan melemparkan mainan untuk dijadikan sasaran serangannya. Biasanya tidak dianjurkan untuk mengangkatnya saat dia sedang dalam ‘mode mengibas’, karena sasaran serangannya bisa jadi adalah anda sendiri.

  • Apabila gerakan lemah lembut  berubah menjadi gerakan yang lebih kuat intensitasnya, berarti kucing tersebut sedang merasa terganggu dan sebaiknya anda segera menenangkannya.

  • Ekor lurus dengan ujung melengkung = bahagia.

  • Ekor tegang atau kaku = tertarik dengan sesuatu atau gugup.

  • Ekor tegang dengan bulu berdiri kadang berbentuk seperti hufuf N = agresif.

  • Ekor bergoyang kuat = “Stop, I don’t like it.”

2. SIKAP DUDUK


Bahasa tubuh kucing seperti yang diperlihatkan melalui postur tubuh atau sikap tubuhnya merupakan suatu subyek yang sangat menarik untuk diteliti dan dipelajari.:D

Secara umum, logika Anda akan membantu Anda dalam usaha untuk menginterpretasikan perasaan serta kebutuhan-kebutuhan kucing peliharaan Anda. Salah satu tanda termudah untuk mengenali hal seperti ini adalah dengan cara mengamati sikap tubuh seekor kucing yang sedang merasa nyaman atau gembira, yaitu yang ditandai dengan sikap tubuhnya yang rileks dan mata yang setengah terpejam.

Adapun sikap tubuh atau sikap duduk seekor kucing yang sedang rileks ini adalah bahwa kucing tersebut akan membaringkan tubuhnya ke lantai, kemudian ia perlahan-lahan akan mengulur dan setelah itu menarik kembali kuku-kukunya, dan pada keadaan seperti inilah Anda mungkin dapat menggelitik atau menggaruk bagian tubuh mana saja dari kucing peliharaan Anda.

Jika Anda melakukan hal seperti ini, maka kucing peliharaan Anda tersebut akan menunjukkan reaksinya dengan cara ia memutar punggungnya da kemudian secara tidak langsung membujuk Anda untuk mengulangi lagi tindakan tersebut.

cool


Selain itu, sikap kucing yang gemar berjalan-jalan yang disertai dengan bunyi dengkuran juga dapat digunakan sebagai indikator bahwa kucing Anda sedang merasa nyaman atau senang. Adapun hal ini merupakan kilas balik dari pemberian makanan sehari-harinya, dan sementara itu kegiatan berjalan-jalan dimaksudkan untuk merangsang atau melancarkan aliran air susu kucing peliharaan Anda tersebut.

3. CARANYA MENGEONG

Suara “meong”nya itu bisa memberi tau apa yang mereka inginkan. Suara meong kucing itu bisa dibagi-bagi tinggi rendahnya. Tapi kita yang harus tau pembagian tinggi rendahnya nada kucingmu. Dengan banyak mendengarkan pasti tau lama kelamaan kita juga bisa membedakannya kok.:P

1346202889191441540

  • Mengeong pendek, nada rendah = kasih salam, atau say hello.

  • Mengeong pendek, nada rendah berkali-kali = kasih salam, sedang senang.

  • Mengeong nada sedang = minta makan ato minum.

  • Mengeong nada sedang tapi lebih rendah = minta sesuatu (minta dibukakan pintu, jalan-jalan keluar atau sebagainya).

  • Mendengkur/purring (biasanya berbunyi kerrrr…kerrrr…kerrrr… )= suara seperti ini kucing sedang senang, ingin dielus atau digaruk perutnya. Pegang lehernya kalau bergetar berarti kucing ini sedang senang.

  • Chirrup (gabungan antara mengeong dengan purring disertai dengan nada meninggi) = salam persahabatan biasanya dipake induk untuk memanggil anaknya.

  • Mengeluarkan nada rendah dengan mulut tertutup = “Jangan pegang gue. Gue lagi bĂȘte.”

4. GERAKAN TELINGA
13462031561684894069
  • Telinga mengarah kedepan = fokus terhadap sumber suara.

  • Telinga bergerak seperti antena radar = Radar system *ACTIVATED*.

  • Telinga mengarah kebelakang = bersiap untuk menyerang, biasanya disertai dengan merendahkan tubuh dan kepala.

  • Mencondongkan telinga ke belakang, menutup mata, dan sedikit menengok ke kiri atau ke kanan, beratri ia sedang mengajak berdamai,. Kucing memberitahu pemiliknya bahwa ia tidak membahayakan dan mengharapkan mendapat perlakuan yang sama dari orang yang ada disekitanya. Biasanya ingin dimanja, digendong, dielus dan disayang.

  • Setengah mata tertutup dan memutar sedikit telinga ke samping, berarti kucing sedang merasa nyaman dengan dirinya.

  • Mengarahkan telinga kedepan, lalu memutar kebelakang ,disusul dengan mengecilkan pupil mata, berarti peringatan bahwa kita harus segera meninggalkanya sendirian karena ia sedang marah.

  • Mengarah telinga ke depan dan membuka mata lebar-lebar, berarti kucing sedang ingin bermain, karenanya, biarkan kucing untuk bermain, maunya diajak main, atau diberi mainan.

5. BAHASA TUBUH LAINNYA
  • Pupil yang mengecil = ingin bermain tapi juga bisa berarti sedang agresif.
  • Pupil mata membesar meskipun saat diterpa cahaya = kucing lagi terkejut
  • Mata berkedip perlahan dan kadang tertutup sebentar = kucing sedang merasa nyaman dengan keadaan disekitarnya.
  • Mengangkat hidung dengan kepala terdongak kebelakang = “Aku kenal kamu dan kamu milikku.” Biasanya dilakukan jika kita berjalan melewati kucing tersebut.
  • Menggesekkan kepala dan badan ke kamu = “Kamu milikku.”
  • Saling membenturkan kepala secara perlahan = menandakan persahabatan dan kepemilikan.
  • Mencium muka = kinfirmasi identitas
  • Clawing (gerakan tangan kucing seperti sedang memijat atau meremas) = “Aku sayang kamu.”
  • Menjilat-jilat = “Aku benar-benar sayang padamu.” Dan menganggap kamu adalah bagian dari keluarganya.
  • Berbaring sambil menunjukkan perut juga disertai dengan purring = “Aku cinta padamu & sekarang garuk perutku.”
  • Menggaruk furniture (terutama sofa atau kursi) = bukan cuma sebagai sarana untuk mengasah kuku tetapi juga digunakan untuk menandai wilayah.
  • Kemudian dalam bentuk gerakan yang lain akan terlihat bahwa seekor kucing yang sedang merasa terancam akan memperlihatkan giginya yang telanjang, telinganya tertutup rapat, mendesis, lidahnya berliur, bulunya ditegakkan, dan ekornya dikibas-kibaskan serta punggungnya berubah melengkung.

Selain gerakan-gerakan tersebut diatas dapat juga menganalisa suasana hatinya lhoo... Berikut dibagi berdasarkan suasana hatinya yaa.. :D

  • Santai - biasanya telinga kucing akan mengarah sedikit ke samping. Hal ini menunjukan rasa puas dan nyaman.

  • Senang - biasanya kucing akan mengeong, mengelus-eluskan leher atau badan mereka di kaki kita, dan berjalan di antara kaki kita ketika kita juga sedang berjalan. 

  • Waspada dan tertarik pada sesuatu – ketika kucing anda sedang waspada dan sesuatu telah menarik perhatiannya, telinganya akan mengarah lurus ke atas, dengan postur tubuh ke depan. Dia biasanya akan menyambut anda dengan telinga tegak, menawarkan sapaan yg ramah.



  • Gugup/gelisah – jika telinga kucing anda berkedut-kedut, berarti dia gelisah dan gugup. Bisa jadi pertanda bagi anda untuk memberinya rasa aman dan pelukan hangat. Kedutan yg terus menerus bisa juga pertanda adanya masalah medis.

  • Agresif – gerakan telinga kucing dari arah depan ke belakang menandakan adanya agresi yg meningkat. Sementara gerakan dari posisi tegak lurus menjadi mendatar penuh menandakan adanya peningkatan rasa takut, terganggu/jengkel. Peringatan bagi anda utuk meninggalkannya sendiri. Jika anda mendapati telinga kucing anda sering dalam posisi mendatar, dia bisa jadi menderita infeksi telinga atau ear mites, dan sebaiknya segera dibawa ke dokter hewan.

  • Attack mode – ketika telinga rata sejajar kepalanya dengan posisi defensive/bertahan, berarti kucing anda sedang ketakutan dan siap menyerang. Secara naluriah dia meratakan telinganya sejajar kepala dengan posisi siap menyerang untuk melindungi telinganya dari cakar dan gigi selama perkelahian berlangsung. Telinga yg mengarah ke belakang bisa berarti antara posisi waspada dan defensive yg menandakan seekor kucing agresif yg tiba2 bisa saja menyerang. Dengan memahami kapan saat seekor kucing bisa tiba-tiba saja bisa menyerang, bisa menghindarkan anda dari cedera. Ketika telinganya ke belakang (tanda-tanda agresi), anda jangan pernah mencoba untuk menyentuh atau mengangkatnya karena anda sedang berada dalam resiko tinggi untuk digigit atau dicakar–cedera yg bisa saja butuh penanganan dari rumah sakit.

  • Ragu – telinga kucing juga bisa bergerak bebas terpisah satu sama lain. Saat masing-masing berada dalam posisi berbeda, berarti si kucing sedang ragu dan tidak yakin harus merespon seperti apa. Dia lebih menarik diri untuk menilai situasi terlebih dulu. Dan saat melakukannya, telinganya bergerak-gerak menafsirkan situasi dan mempertimbangkan bagaimana harus bereaksi.

  • Marah - ekor dikibas-kibaskan dengan telinga ditarik ke belakang apabila bertemu dengan kucing atau binatang lain. Sesekali kucing menggeram atau mendesis dengan memamerkan cakar kaki depannya. Bila sudah berkelahi, maka kucing akan saling gigit dan tendang sambil mengeong keras dan menjerit. Lebih baik jangan pisahkan mereka langsung. Siram dahulu dengan air baru kita ambil setelah mereka terpisah, dan jangan lupa dimandikan.

10 comments:

  1. Numpang tanya yg sudah berpengalaman, hari ini aku lagi memproses mengawinkan kucing dalam satu kandang, tetapi saya melihat pada kucingku betina tingkah laku yang tidak seperti biasanya
    1. tidak mau makan
    2. pemarah, bila didekati oleh pejantan selalu meraung dan tidak segan2 mencakar muka pejantantan
    apakah ini hal yang wajar buat proses perkawinana ????

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa biasa sis,, it kn proses perkenalan dulu,,
      biasanya 1-2 hari perkenalannya....

      Delete
  2. Itu mah simple .. Artinya tuh kucing betina gk suka ama tuh kucing jantan, klo bisa jgn di kandangin .. Kucing betina gk suka dgn cara kyk gtu, itu bgi dia kyk "pemerkosaan" biasa kucing betina tarik ulur dulu ama yg jantan, knalan dulu mreka dgn cara sih jantan ngikutin sih betina jalan2 kmana aja. Itu sih sthuku. Klo gk bisa juga cb jdohin ama kucing jantan yg lbih keren dan lbih tua dikit umurnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yaa.. klo mw sabar sih gt sis..tergantung yg punya jg sih...

      Delete
  3. ehh klo kucing kawin tuh gimana caranya ?

    ReplyDelete
  4. Harga anak kucing anggora berapa ya?
    Paling murah brp
    Paling mahal berapa

    ReplyDelete
    Replies
    1. harga kucing anggora sangat bervariasi gan,,
      tergantung usia, warna, bulu dll..
      sebaiknya sebelum membeli kucingcari2 info dulu untuk dapat membeli kucing ditempat yang sudah terpercaya dan tidak tertipu harganya..
      makasih ^^

      Delete

Cute Polka Dotted Pink Bow Tie Ribbon