April 10, 2013

12 Jenis Makanan Yang Berbahaya Bagi Kucing


Jika Anda memiliki kucing peliharaan maka Anda harus mengetahui pola makan kucing karena pola makan yang baik sangat memengaruhi tumbuh kembang kucing. Selain pola makan tentu saja yang paling penting adalah makanan tersebut aman bagi kucing Anda. Banyak jenis makanan yang baik untuk kucing yang tersedia di pet shop atau toko-toko kebutuhan hewan. 
Ada beberapa makanan manusia yang dapat menyebabkan penyakit serius dan bahkan kematian pada kucing kesayangan Anda. Hewan tidak boleh diberikan makanan manusia kecuali dianjurkan oleh dokter hewan Anda. Berikut adalah sepuluh makanan manusia yang berbahaya bagi hewan peliharaan Anda, khususnya kucing :

1. Cokelat
Cokelat mengandung theobromine, zat kimia yang menjadi racun bagi anjing dalam jumlah cukup besar. Cokelat juga mengandung kafein yang ditemukan dalam kopi, teh, dan minuman ringan tertentu. Berbagai jenis cokelat mengandung jumlah theobromine dan kafein yang berbeda, misalnya, dark chocolate dan coklat masak mengandung lebih dari senyawa ini dibandingkan dengan coklat susu. Cokelat juga bisa menstimulasi sistem saraf dan jantung semua spesies binatang, khususnya anjing. Toksisitas coklat dapat menyebabkan muntah, diare, kehausan, demam, denyut jantung cepat atau tidak teratur, gelisah, tremor otot, dan kejang. Kematian dapat terjadi dalam waktu 24 jam setelah ia menelannya.


2. Kafein
Semua produk yang mengandung kafein, beracun bagi kucing. Kafein akan merangsang sistem saraf dan menimbulkan gemetar serta muntah atau diare.


3. Anggur dan kismis
Anggur dan kismis dapat menyebabkan gagal ginjal akut pada kucing dan anjing. Tanda-tanda klinis dapat terjadi dalam waktu 24 jam setelah makan seperti sering buang air kecil, muntah, diare, dan kelesuan. Kasus keracunan bahan makanan ini memang sebagian besar ditemukan pada anjing. Tapi kelompok ASPCA (Animal Poison Control Center) menyarankan untuk tidak memberikan anggur atau kismis pada hewan peliharaan apa pun, seberapa pun jumlahnya. 

4. Bawang
Bawang putih dan bawang merah mengandung bahan kimia yang dapat merusak sel darah merah pada kucing dan anjing, sekaligus menyebabkan anemia. Ia akan menimbulkan gejala muntah-muntah, urin berwarna kemerahan, lesu, dan anemia.. Meskipun Anda memasak makanan ini, Anda tetap tidak mengurangi toksisitas mereka. Bawang biasanya ditemukan pada makanan bayi yang kadang-kadang diberikan kepada hewan ketika mereka sakit. Jadi pastikan untuk membaca label makanan dengan hati-hati sebelum memberikan makanan kepada hewan kesayangan Anda. Dan juga bawang bombay mengandung suatu zat yang bernama N-propyl disulphide yang pada bawang putih mengandung zat yang serupa, namun dengan kadar yang lebih sedikit.

5. Xylitol
Xylitol adalah pemanis buatan yang ditemukan dalam produk makanan seperti permen, pasta gigi, dan obat kumur. Xylitol berbahaya bagi anjing karena menyebabkan hipoglikemia (gula darah rendah) dan meningkatkan sekresi insulin,. Xylitol juga dapat menyebabkan kerusakan hati pada anjing. Dalam waktu 30 menit setelah makan makanan yang mengandung xylitol , anjing bisa muntah, lesu, kejang, diare dan/atau menjadi tidak terkoordinasi atau bertingkah aneh. Namun, beberapa tanda-tanda toksisitas ini bisa tak nampak selama berjam-jam atau bahkan untuk beberapa hari. Toksisitas xylitol pada anjing bisa berakibat fatal jika tidak diobati. Xylitol merupakan racun paling berbahaya bagi kucing dan bahkan menunjukan gejala penyakit kuning.

6. Minuman beralkohol
Semua binatang akan terpengaruh jika minum minuman beralkohol, karena minuman ini akan mempengaruhi sistem sarafnya. Disorientasi, muntah-muntah, diare, lesu, kehilangan koordinasi fungsi tubuh, sulit bernapas, kejang, hingga koma adalah hasilnya jika mereka menelan minuman beralkohol.


7. Adonan roti mentah
Adonan roti mentah akan menimbulkan gas di dalam perut, yang bisa menimbulkan keracunan alkohol. Gejala yang ditimbulkan antara lain; muntah-muntah, disorientasi, diare, lesu, sulit bernapas, dan sebagainya. 



8. Alpukat
Daun pohon alpukat, buah, dan kulit batang tanaman cenderung semua beracun. Alpukat mengandung persin, yang bisa merusak otot jantung binatang. Tanda-tanda klinis pada anjing dan kucing muntah, diare, lesu, dan kesulitan bernapas. 

9. Tomat Hijau
Tomat hijau mengandung alkaloid yang pahit dan beracun bernama Glycoalkaloid Solanine. Senyawa ini bisa menimbulkan gejala gastrointestinal bawah (penyakit pencernaan). Daun dan batangnya adalah bagian yang paling berbahaya. (Sekedar catatan, tomat dalam makanan kucing tidak berbahaya karena sudah matang dan kadarnya relatif kecil).


10. Susu 
Secara alamiah, susu bukanlah makanan kucing. Selain itu kucing tak mempu mencerna laktosa. Jika dipaksakan bisa menyebabkan diare. Untuk anak kucing, susu biasanya bisa didapatkan langsung dari induknya. Jika ingin memberikan susu ke kucing kita, gunakanlah susu khusus kucing atau susu non laktosa

11. Nasi
kucing juga tak boleh memakan nasi. Saluran pencernaan kucing itu sulit untuk mencerna karbohidrat. Nasi memang bisa menjadi sumber energi, tapi tidak perlu terlalu banyak.Karena  grains tidak dapat dicerna oleh lambung kucing dan akan membuat organ dalamnya harus bekerja lebih berat sehingga mempercepat radang usus, gagal ginjal, dan sakit pencernaan lainnyaPerbaiki dengan memberikan daging dan ikan yang kaya protein, terutama bagi kucing yang masih muda. Apabila ingin memberikan tulang, pastikan kita sudah mencincangnya hingga halus sebelum diberikan kepada kucing  



12.Kacang Macadamia 
Kacang macadamia biasanya terdapat pada permen dan coklat. Mekanisme toksisitas kacang macadamia belum dipahami dengan baik, tetapi tanda-tanda klinis yang terjadi pada anjing seperti depresi, lemah, muntah, tremor, nyeri sendi, dan gusi pucat. Tanda-tanda klinis dapat terjadi dalam waktu 12 jam setelah makan.

Sayangnya, beberapa kasus keracunan makanan pada hewan peliharaan terjadi ketika mereka diberi makanan manusia yang mengandung komponen berbahaya. Secara umum, makanan manusia tidak harus diberikan kepada hewan peliharaan kecuali dianjurkan oleh dokter hewan. Anak-anak juga harus diajarkan untuk tidak pernah memberikan permen atau makanan manusia untuk hewan peliharaannya.
Untuk keterangan lebih lanjut mengenai makanan apa saja yang tak boleh diberikan kepada binatang peliharaan Anda, hubungi dokter hewan kepercayaan Anda.


100 comments:

  1. Ada di No 10 it sist..
    Pke susu khusus kucing aja yaa..
    Biasanya di petshop ada kok ^_^

    ReplyDelete
  2. Aku baru tau kalo kucing gaboleh makan nasi :'( huaaa. Aku biasa kasih makan kucing nasi + pindang tongkol yang diancurin terus diaduk sama nasinya. ternyata gaboleh ya:(( kasian kucing aku, sempet mau beralih ke whiskas tp dia gabegitu suka, kenapa ya? apa gara2 biasa makan tongkol sama nasi nya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Samaa saya juga selalu kasih akan kucing ikan Bandeng rebus + nasi. Plus rebus Bandengnya pakai Bawang garam... jadi erasa ersalah

      Delete
    2. daripada bandeng mendingan tuna aja sis....
      tuna rebus m tempe rebus..
      tanpa bumbu yaa...
      trus diulet gt biar lembut.. :D

      Delete
    3. Kalau kucing makan coklat pasti bahaya atau ada kemungkinan nggak? Kucingku abis makan coklat :'(

      Delete
    4. Kalau kucing makan coklat pasti bahaya atau ada kemungkinan nggak? Kucingku abis makan coklat :'(

      Delete
    5. kucing2 dah biasa makan dng nasi dan ikan cuek...klo pke sarden mreka gak doya,,,apalg pke yg sarden dr wishkes or merk lg...t'utama yg butiran mrka suka tp yg butirannya wrna-wrni tuh...klo polos gak tll suka mrka....

      Delete
    6. Ati ati makanan kering juga banyak yang ada pewarnanya...

      Delete
    7. Makanan kucing yg lbh bagus Equilibrio, bagus utk pertumbuhan badan dan bulunya

      Delete
    8. Ginjal kucing nggak kuat mencerna kandungan karbohidrat pada nasi. Dg makan nasi sama aj kayak maksa gunjal kucing utk brkrja lebih keras drpd biasanya. Sbnrnya g p2 tp efek jangka pjgnya dpt mnybbkn kerusakan ginjal. Dryfood (kibble) yg warna/i jg bahaya utk kshatan ginjal krn mngndung pewarna. Biar doyan, dicampur dkit2 makanan lama sma makanan baru. Prbndingannya 70 (mknn lama) : 30 (mkanan baru). Nnti presentase makanan lama smakin dikurangi dn makanan baru ditambah smpe spnuhnya 100% ganti makanan baru.

      Delete
    9. makanan kering yg berwarna ga baik sis, karna ada pewarna buatan yang dapat menyebabkan sakit ginjal pada kucing mendingan kasi makanan dry food yang berwarna agak kecoklatan

      Delete
    10. Iya..kucing cnderung makan sm idungnya..kucingku kebiasaan makan basah.(daging ikan dlm kaleng produk buat kucing) dia ga suka biskuit kucing (merk tttu yg mnrt org2 bagus buat buluny) jadi suatu campur biskuit itu semangkuk sm satu sendok daging ikan....eeehhh dia makan lahap sekali sis

      Delete
    11. kucing ku hanya makan whiskas sama jagung rebus. ngak pernah makan ikan, atau ayam ngak mau, cuman whiskas sama jagung rebus aja. heran gue..

      Delete
    12. kucing saya biasa saya kasih whiskas junior yg wetfood tapi dicampur nasi sedikit kalau gitu gakpapa atau tetep gak boleh? pernah nyoba pake whiskas yg dry food cuman dimakan sedikit aja saya takut dia kelaparan jadi mutusin buat balik ke wetfood dicampur nasi sedikit, terus pernah nyoba juga sarden abc tapi dia gk mau makan

      Delete
    13. @Dewi Nistya tuna juga ternyata ga bagus buat kucing (coba cari di google)

      Delete
  3. baru tau kalo kucing gaboleh makan nasi:'( aku sering kasih makan kucing nasi + tongkol yg diancurin terus diaduk sama nasinya. sempet mau beralih ke makanan kucing kaya whiskas gitu tp dia kurang suka, apa karna kebiasaan makan nasi+tongkol itu ya? jd harus gmn :'( kasian kucingku

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, whiskas kurang bagus deh. Makanan kucing d petshop pun juga banyk yg ga bagus. Coba Google ingredients nya makanan kucing deh. Bisa kaget tuh... Isi nya karbo smua + tulang gilingan.

      Delete
  4. kalau jagung berhaya tidak ? atau dikategorikan sama dengan nasi (karbohidrat) ?

    ReplyDelete
  5. @ Sri : iyaa sis, boleh sii tp yaa jgn terlalu byk & sering yaa.. klo emg mau ganti makanan itu emg harus sabar sis & jg gak bisa tiba@ langsung ganti.. pelan2,, dicampur dulu m makanan yg lama gt.. :))

    @farni : jagung sama dgn nasi sis,, tp pd dasarnya kyknya kucing jarang yaa yg makan jagung :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kucing ku suka makan jagung gimana dong? ._. Tiap mama lagi makam jagung pasti dia minta ._.

      Delete
  6. Kucing saya masih kecil dan baru saja muntah-muntah, bingung harus diapakan

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin keracunan makanannya sis,,
      klo gak nelan tulang utuh,,,
      cb ditunggu dulu aja..
      klo masii akit bawa dokter yaa

      Delete
    2. kalo muntah2, kasi minum air kelapa muda. harus cepatan.. kalo lambat bisa berakhir fatal. kucing ku dulu pernah gitu.. arwah sudah..

      Delete
  7. Tapi kalo kucing makan tulang gk dicincang gak apa apa kan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebaiknya jangan sis..
      kucing q makan tulang dikit (nyuri-nyuri sii) gak tau jg pas makan ehh bsknya sdkt diare sis..
      mndingan jgn kasih tulang aja yaa...

      Delete
  8. tapi kucingkuw sukanya makan tulang .. bahkan tulang-tulang keras gitu bsia dimakan habis smpe gak bersisa, heran juga liatnya,, cz biasanya kucing2 ku yg lain klo makan tulang selalu disisain bagian kerasnya.. tapi kucing 1 ni sungguh sadis..hehe.. dan kondisi kesehatannya gak apa2...baik-baik aja.. kata dokter jg gapapa kok.. mgkn daya tahan masing2 x yaa.. jd klo misal emg g cocok dhentikan aja..klo cocok ya di lanjut.. yg jelas jgn terlalu sering makan dry food krn bikin batu ginjal (terutama yg murah2-royal canin masih oke sih), n trlalu sering makan wet food bikin caries gigi.. jd vatiatif aja yaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kucing suka nya gigit2 deh. Coba d belikan mainan ya. Supaya dia bisa gigit2. ;)

      Delete
  9. Kucing ku biasa makan coklat, ma susu 😞
    Tapi dia baek2 aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jgn d biasakan. Kucing itu hewan yg suka kebiasaan. Mmng pertama susah. Lama2 bisa adaptasi tanpa coklat + susu ;) sama kaya ndi ibu, harus tegas sama anak kalo mmng hrus tegas.

      Delete
  10. kalau coklat memang ngga boleh ya ?
    visit ungap-egosentrik.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Total ga boleh deh. Itu racun kok

      Delete
  11. Ak abis ngasi makan chambul pake nasi. Cz whiskas nya tgl seumprit. Blm beli nunggu gajian.. :'(

    Oia chambul ku kmrin abis brantem m puss lain. Skrg telinga nya luka ma berair. Ada obt yg bs dbeli tnpa k dokter gak? Hehe..

    ReplyDelete
  12. Whaaattt???!!!
    Nasi? Tiap hari aq kasi mkan nasi sm ikan.. Gmna dong :)

    ReplyDelete
  13. ? , kucing ku dah biasa sih makan anasi, tapiii.....dah terlanjur gimana byah ?

    ReplyDelete
  14. oke. dh mrah dh kucing sy hahaha

    ReplyDelete
  15. Kucing ku namanya Inyaw , warnah hitam punggunya warna putih perutnya ekornya sedang lah gk terlalu panjang gk terlalu pendek , biasanya dikasih nasi ama tulang tp biasa biasa aja kucing ku malaahan perutnya gendut ,

    ReplyDelete
  16. pantess...kucingku aku kasih susu buat manusia....mencret...

    ReplyDelete
  17. kucingjku kucing kampung... setiap hari aku kasih makan nasi+ iklan tuna olahan WISKAS. dari info yang saya terima dr teman, katanya kalo kucing kampung jangan sering - sering dikasih wiska..karena akan mengganggu lambung, dan menyebabkan mati muda. APakah itu betul ???
    Mohon infonya ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kucing kampung nie lain sikit..tikus hidup pon dia makan...kadang2 ular pon diorang baham...xda masalah bagi whiskers

      Delete
    2. Coba deh d check ingredients nya makanan kucing. Whiskers whiskas dan banyak lgi yg ga bagus jg sih.

      Delete
  18. cuka berbahaya tidak buat kucing???

    ReplyDelete
  19. maaf mau tanya klo cuka berbahaya tidak buat kucing.???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf bantu menjawab. Cuka jelas bahaya, kak. Untuk manusia aja bisa menyebabkan kanker, apalagi buat kucing. Meskipun dalam konsentrasi rendah, jangan kasih kucingnya cuka ya

      Delete
  20. Aku rasa gak bs disama ratakan, ke semua jenis kucing, baik lokal maupun import. Tiap kucing punya daya tahan masing2, sm seperti manusia sj, Ada yg memang bs dikasih nasi, ada yg doyan makanan kering, makanan basah. Semua tergantung pengalaman masing2 pemelihara kucing sj.

    ReplyDelete
  21. Terimakasih, artikelntya sangat bagus sekali. Senang sekali berkunjung ke website anda. semoga dapat bermanfaat buat kita semua. Amin . . . . :D :D

    ReplyDelete
  22. Kucing lembik...dah setahun aku bagi makan nasi gaul dgn ikan..xda apa2 po

    ReplyDelete
  23. kucing makan nasi uda biasa ...tambah lbh sehattu makanan juga daging tdk melulu nasi..hanya kucing manja yang gak makan nasi..

    ReplyDelete
  24. waduh ampir setengah dari pint-point diatas udah dimakan ama kucing aku :|

    dia juga pernah muntah pas dikasih tulang ikan, sekarang udah gak mau lagi ngasih tulang ikan yang utuh, kasian, udah muntah, dia jadi lemes gitu, nafsu makannya jadi kurang, dan cuma tiduuuur doang :(

    ReplyDelete
  25. Kucing saya di kasih makan whiskas tapi ga terlalu sering karna belinya jauh, biar menghemat saya campur pake nasi gimana tuh yaaa..?? Tapi kalo belinya banyak saya ga campurin nasii..... Kalo tulang dia suka tapi kalo di kasih whiskas makin napsu makan nyaaa...

    ReplyDelete
  26. Aq punya kucing 3 bulan. Akhir2 ini dia sesak nafas trus kejet2. Kejet2nya si sebentar doang. Dia makannya emang agak banyak, trus dia yang paling aktif kalo maen. Kalo abis maen dia tuh lama2 tiduraan aja. Masih mau makan sih kemaren. Pas kemaren pertama kali aq liat dia kejet2 badannya tuh basah. Itu kenapa and gimana nyembuhinnya yaa?? Help me please..

    ReplyDelete
  27. Aq punya kucing 3 bulan. Dia tuh kucingnya aktif. Makannya agak banyak. Tp akhir2 ini dia udah 2 kali kejet2. Trus nafas nya sesak. Pas pertama kali aq liat dia begitu badannya tuh basah. :-( itu dia kenapa ya? Trus cara nyembuhinnya gimana?? Help me please

    ReplyDelete
  28. Kucingku makan kadal,mungkin? Gmn ya

    ReplyDelete
  29. Kucingku makan kadal,sepertinya? Gmn ya

    ReplyDelete
  30. terimakasih untuk informasinya, sebenarnya klo dibiarkan tanpa di obati, penyakit apapun bisa menjadi berbahaya,

    ReplyDelete
  31. kalau kucing makan buah pepaya bahaya gak sis?

    ReplyDelete
  32. kalau kucing makan buah pepaya bahaya gak sis?

    ReplyDelete
    Replies
    1. pepaya makan sendiri sj biar sehat :D

      Delete
  33. Nama saya Eva. Saya seorang pelajar yang sangat menyayangi hewan. Saya punya seekor kucing. kucing saya kedua kaki belakangnya jadi lemes banget. Padahal ga pernah gitu sebelumnya.... Kata ayah saya,itu karena makan kadal. Betul tidak?? Kalau salah,itu kenapa ? Gimana pengatasannya ? Saya tidak ingin kucing saya mati... Tolong dijawab...

    ReplyDelete
  34. susu betlaktosa mustinya d tulis, jangan susu aja.nanti pada salaj nangkep

    ReplyDelete
  35. Emm cdh nye..kcng sy bru mkn coklt..hr2 die mkn coklt..😣😣 klu mcm tu x nk bg coklt lg emmm

    ReplyDelete
  36. biar kucing saya pubna ga berdarah di kasih makan apa ??

    ReplyDelete
  37. Klo bubur kacang ijo sih boleh gak cz saya klo makan bubur kacang ijo pasti dbagi aama mpuss saya

    ReplyDelete
  38. Sampai skarng kucing Ku ku beri makan nasi campur ikan yg kadang ada bumbu bawangx,,tp alhamdulillah sampai skrg sehat gk pernah sakit bahkan mreka sudah 2X beranak pinak .

    ReplyDelete
  39. Nanya donk kak...
    Kucing saya usia 6minggu...kmrn sampe usia 5minggu masih ASI induknya..terus begitu dilepas dr induknya lalu sy kasih Royal Canin (RC) tapi kenapa malah mencret ya?? Diksh susu SGM LLM malah gk mau di minum...pdhl non laktosa :( Kalau hrs dikasih ke ibunya sudah gk mgkn...induknya sudah di bawa nenek saya...solusi donk kak...dah 5 hari mencret

    ReplyDelete
  40. Pernah suatu hari gua beli tim tam gua buka gua simpen di meja gua tinggalin pas gua dateng eh tim tamnya mlh d mkn 3 biji am kucing gue, tu tim tam ad coklatnya kan? Tpi prasaan kucing gua anteng2 aj tuh?

    ReplyDelete
  41. Kucing ane tiap hari minum susu dancow + scott emulsion tambah ginuk ginuk gendut gndut klu gk minum susu malah kurus

    ReplyDelete
  42. Kalo di kasih whiskas basah sama nasi boleh ga + whiskas yg kering...?

    ReplyDelete
  43. kucingku hilang entah dimana!
    sanghaaa my cat

    ReplyDelete
  44. Kucing pinter dia ndak mau makan mentah2 mau nya manteng, kalau qu makan roti dia juga makan roti tp mau nya pinggiran nya.

    ReplyDelete
  45. aku punya 6 ekor kucing dirumah, umurnya variatif, dr yg 3 bulan sampe 1 tahunan, smuanya biasa makan nasi + wet food dari whiskes. untuk cemilan dikasih pindang tongkol dan dry food. kadang wet food nya dikasih dr dokter, karna kucing ku suka kontrol di dokter hewan langganan. diare sedikit atau nafsu makan kurang, slalu dicek. tp yg kitten paling jecil nafsu makannya sangat-sangat berlebihan, sampe sisa makanan yg lain slalu dia bersihin sampe bener-bener bersih haha (nasi + wet food), tp alhamdulillah semuanya sehat, gendut gendut, aktif, dan pup nya normal meskipun rada bau karna efek nasi tadi. mohon doanya agar kucinf-kucing ku dirumah slalu sehat ya temen temen semua, sebaliknya doa dr olive untuk mpus nya smua agar slalu sehat, aktif, dan lucu slalu. amin Ya Rabbal alamin.

    ReplyDelete
  46. Kucingku toby paling suka makan nasi campur ikan masak alias pallumara yg dihancurkan. Mana makannya 3 kali sehari lg. Kasian Toby ternyata nasi bahaya buat dia.

    ReplyDelete
  47. terima kasih banyak atas infonya :D

    ReplyDelete
  48. Kucing sayabdikasih terus susu dancaw terus dia mencret2 aja sis gimana nih ? Hahahajaja

    ReplyDelete
  49. Kucing saya dikasih susu dancaw terus ko jadi mencret mencret pup nya yah ? Hahahaha

    ReplyDelete
  50. kucingku dah biasa makan nasi campur pindang. malah gemuk bulu lebah dan lucu. udah bisa adaptasi kali ya

    ReplyDelete
  51. kucingku dah biasa makan nasih porsi makan seperti manusia nasi dan lauk. malah gemuk bulu lebah dan lucu. udah bisa adaptasi kali aja.

    ReplyDelete
  52. Kucing saya mendadak lemas padahal tadinya sangat aktif....semenjak sempat dikasih makan kepala ayam kucing saya tidak mau makan wishkas dan pelet lagi.....badanya sekarang kurus....gmn solusinya..

    ReplyDelete
  53. Sis kalo kucing di kasih tahu dan tempe boleh ga.??? Kan tahu tempe mengandung protein juga, tolong di jawab yaa please.☺

    ReplyDelete
  54. Kucing saya gk mau makan dry food klo wet food dia suka banget gimana ya biar di mau makan dry food Pls help me ):

    ReplyDelete
  55. Kucing persia ku baru 2 bulan dy g mau mkan ap2 maux mkan hati ayam..sma ikan teri yg kecil2..mkanan khusus kucingx ga mau..mlah mencret Dah dikasih whiskas sma royal canin tp g mau... Pusing mau diksih mkan apa nih....

    ReplyDelete
  56. Kalau kucingku sering dikasih makan pindang sist, itu baik gk?

    ReplyDelete
  57. Kucing2ku suka sekali main kecoa, dari 7 kucingku ada 3 ekor yang kecoanya sampe digigit2, dikoyak2, dimakan. 1 kitten umur 2 bln kmrn keracunan, muntah2 dan diare parah, diarenya bener2 aer kayak aer ledeng. Saya rasa karena kecoa itu. Sdh saya obati, skrg dia udh sehat kembali tp kesukaannya dgn kecoa terus berlanjut. Kecoa beracun kan ya kak? Ada sarankah gmn caranya bikin kucing ga lagi suka kecoa?

    ReplyDelete
  58. Kucing saya suka sekali main kecoa, digigit2, dikoyak2 sampai hancur berantakan. Pernah sampai keracunan kecoa (muntah2 dan diare parah). Skrg sudah diobati, sdh sembuh, tp kesukaannya dgn kecoa terus berlanjut. Ada sarankah gmn cara bikin kucing tdk suka lagi dgn kecoa?

    ReplyDelete
  59. Mungkin ini artikel cocok buat kucing luar kali ya...
    Klo kucing kampung kan apa aja dimakan,kadal,cicak,ikan mentah,nasi..kucingku emang kucing kampung makan nasi+lauk di ancurin..AlhamduliLLah gemuk..Semoga kucing ku sehat terus dan panjang umur..Semoga kucing temen2 jg sehat sellu...

    ReplyDelete
  60. Mungkin ini artikel cocok buat kucing luar kali ya...
    Klo kucing kampung kan apa aja dimakan,kadal,cicak,ikan mentah,nasi..kucingku emang kucing kampung makan nasi+lauk di ancurin..AlhamduliLLah gemuk..Semoga kucing ku sehat terus dan panjang umur..Semoga kucing temen2 jg sehat sellu...

    ReplyDelete
  61. Kucingku namanya orca ( panggil orka ) , kucing kampung warnanya belang telon, baru 3 minggu yg lalu dia melahirkan, dari dulu makannya nasi + ikan, kemarin2 nafsu makannya baik aja, hari ini juga nafsu makannya bagus cuma dia muntah 4x , kenapa ya ? Telapak kaki dan kupingnya dingin banget , ada yg bisa kasih saran ?

    ReplyDelete
  62. Kucing makan kucing baru bahaya, kalo makan naai sehat2 aja kucingku selama 9 tahun. Malah lincah banget

    ReplyDelete
  63. Kucing2 q suka makan jagung... mreka suka nyolongin jagung mamah q klo lg masak... bahaya kah jagung?

    ReplyDelete
  64. Maau tanya sis kalau kucingku dia suka whiskas tp pup nya jd encer aku mau ganti ke felitibe tp tetep aja dia sukanya whiskas aku bingung. Ada yg punya solusi?

    ReplyDelete
  65. Selama ini kucing2 drmah di kasih makan nasi sama ikan goreng yg di ancurin. Kmrin pernah kasih dia mkanan kucing tpi malah jdi diare :(

    ReplyDelete
  66. When someone writes an article he/she maintains the idea of a user in his/her mind that how a user
    can know it. So that's why this article is outstdanding. Thanks!

    ReplyDelete
  67. Thanks , I have just been searching for info approximately this topic for ages and yours is the
    greatest I've came upon till now. But, what about the conclusion?
    Are you certain concerning the source?

    ReplyDelete
  68. Would love to incessantly get updated great web blog!

    ReplyDelete
  69. Seriuss itu bahaya buat kucing..? Kucingku pemakan segala'ny, giman dong..? Sayur, jagung bahkan, nasi, whiskas, susu.. Kl yg pling bahaya coklat, barusan dia minum coklat minumanku..? Jadi panikk coba.. Biasa'ny gk prnah di ksih coklat.. Denger cerita tmen kl kucing di ksih coklat mati krna kucing dia dlu gitu maka'ny sengaja gk prnah di ksih coklat.. Pdhal kucingku apapun yg ku sm keluarga makan dia juga mkan.. Takut nnti dia knpa" ih, wlupun skrg belum ada tanda"ny..

    ReplyDelete

Cute Polka Dotted Pink Bow Tie Ribbon