April 10, 2013

12 Jenis Makanan Yang Berbahaya Bagi Kucing


Jika Anda memiliki kucing peliharaan maka Anda harus mengetahui pola makan kucing karena pola makan yang baik sangat memengaruhi tumbuh kembang kucing. Selain pola makan tentu saja yang paling penting adalah makanan tersebut aman bagi kucing Anda. Banyak jenis makanan yang baik untuk kucing yang tersedia di pet shop atau toko-toko kebutuhan hewan. 
Ada beberapa makanan manusia yang dapat menyebabkan penyakit serius dan bahkan kematian pada kucing kesayangan Anda. Hewan tidak boleh diberikan makanan manusia kecuali dianjurkan oleh dokter hewan Anda. Berikut adalah sepuluh makanan manusia yang berbahaya bagi hewan peliharaan Anda, khususnya kucing :

1. Cokelat
Cokelat mengandung theobromine, zat kimia yang menjadi racun bagi anjing dalam jumlah cukup besar. Cokelat juga mengandung kafein yang ditemukan dalam kopi, teh, dan minuman ringan tertentu. Berbagai jenis cokelat mengandung jumlah theobromine dan kafein yang berbeda, misalnya, dark chocolate dan coklat masak mengandung lebih dari senyawa ini dibandingkan dengan coklat susu. Cokelat juga bisa menstimulasi sistem saraf dan jantung semua spesies binatang, khususnya anjing. Toksisitas coklat dapat menyebabkan muntah, diare, kehausan, demam, denyut jantung cepat atau tidak teratur, gelisah, tremor otot, dan kejang. Kematian dapat terjadi dalam waktu 24 jam setelah ia menelannya.


2. Kafein
Semua produk yang mengandung kafein, beracun bagi kucing. Kafein akan merangsang sistem saraf dan menimbulkan gemetar serta muntah atau diare.


3. Anggur dan kismis
Anggur dan kismis dapat menyebabkan gagal ginjal akut pada kucing dan anjing. Tanda-tanda klinis dapat terjadi dalam waktu 24 jam setelah makan seperti sering buang air kecil, muntah, diare, dan kelesuan. Kasus keracunan bahan makanan ini memang sebagian besar ditemukan pada anjing. Tapi kelompok ASPCA (Animal Poison Control Center) menyarankan untuk tidak memberikan anggur atau kismis pada hewan peliharaan apa pun, seberapa pun jumlahnya. 

4. Bawang
Bawang putih dan bawang merah mengandung bahan kimia yang dapat merusak sel darah merah pada kucing dan anjing, sekaligus menyebabkan anemia. Ia akan menimbulkan gejala muntah-muntah, urin berwarna kemerahan, lesu, dan anemia.. Meskipun Anda memasak makanan ini, Anda tetap tidak mengurangi toksisitas mereka. Bawang biasanya ditemukan pada makanan bayi yang kadang-kadang diberikan kepada hewan ketika mereka sakit. Jadi pastikan untuk membaca label makanan dengan hati-hati sebelum memberikan makanan kepada hewan kesayangan Anda. Dan juga bawang bombay mengandung suatu zat yang bernama N-propyl disulphide yang pada bawang putih mengandung zat yang serupa, namun dengan kadar yang lebih sedikit.

5. Xylitol
Xylitol adalah pemanis buatan yang ditemukan dalam produk makanan seperti permen, pasta gigi, dan obat kumur. Xylitol berbahaya bagi anjing karena menyebabkan hipoglikemia (gula darah rendah) dan meningkatkan sekresi insulin,. Xylitol juga dapat menyebabkan kerusakan hati pada anjing. Dalam waktu 30 menit setelah makan makanan yang mengandung xylitol , anjing bisa muntah, lesu, kejang, diare dan/atau menjadi tidak terkoordinasi atau bertingkah aneh. Namun, beberapa tanda-tanda toksisitas ini bisa tak nampak selama berjam-jam atau bahkan untuk beberapa hari. Toksisitas xylitol pada anjing bisa berakibat fatal jika tidak diobati. Xylitol merupakan racun paling berbahaya bagi kucing dan bahkan menunjukan gejala penyakit kuning.

6. Minuman beralkohol
Semua binatang akan terpengaruh jika minum minuman beralkohol, karena minuman ini akan mempengaruhi sistem sarafnya. Disorientasi, muntah-muntah, diare, lesu, kehilangan koordinasi fungsi tubuh, sulit bernapas, kejang, hingga koma adalah hasilnya jika mereka menelan minuman beralkohol.


7. Adonan roti mentah
Adonan roti mentah akan menimbulkan gas di dalam perut, yang bisa menimbulkan keracunan alkohol. Gejala yang ditimbulkan antara lain; muntah-muntah, disorientasi, diare, lesu, sulit bernapas, dan sebagainya. 



8. Alpukat
Daun pohon alpukat, buah, dan kulit batang tanaman cenderung semua beracun. Alpukat mengandung persin, yang bisa merusak otot jantung binatang. Tanda-tanda klinis pada anjing dan kucing muntah, diare, lesu, dan kesulitan bernapas. 

9. Tomat Hijau
Tomat hijau mengandung alkaloid yang pahit dan beracun bernama Glycoalkaloid Solanine. Senyawa ini bisa menimbulkan gejala gastrointestinal bawah (penyakit pencernaan). Daun dan batangnya adalah bagian yang paling berbahaya. (Sekedar catatan, tomat dalam makanan kucing tidak berbahaya karena sudah matang dan kadarnya relatif kecil).


10. Susu 
Secara alamiah, susu bukanlah makanan kucing. Selain itu kucing tak mempu mencerna laktosa. Jika dipaksakan bisa menyebabkan diare. Untuk anak kucing, susu biasanya bisa didapatkan langsung dari induknya. Jika ingin memberikan susu ke kucing kita, gunakanlah susu khusus kucing atau susu non laktosa

11. Nasi
kucing juga tak boleh memakan nasi. Saluran pencernaan kucing itu sulit untuk mencerna karbohidrat. Nasi memang bisa menjadi sumber energi, tapi tidak perlu terlalu banyak.Karena  grains tidak dapat dicerna oleh lambung kucing dan akan membuat organ dalamnya harus bekerja lebih berat sehingga mempercepat radang usus, gagal ginjal, dan sakit pencernaan lainnyaPerbaiki dengan memberikan daging dan ikan yang kaya protein, terutama bagi kucing yang masih muda. Apabila ingin memberikan tulang, pastikan kita sudah mencincangnya hingga halus sebelum diberikan kepada kucing  



12.Kacang Macadamia 
Kacang macadamia biasanya terdapat pada permen dan coklat. Mekanisme toksisitas kacang macadamia belum dipahami dengan baik, tetapi tanda-tanda klinis yang terjadi pada anjing seperti depresi, lemah, muntah, tremor, nyeri sendi, dan gusi pucat. Tanda-tanda klinis dapat terjadi dalam waktu 12 jam setelah makan.

Sayangnya, beberapa kasus keracunan makanan pada hewan peliharaan terjadi ketika mereka diberi makanan manusia yang mengandung komponen berbahaya. Secara umum, makanan manusia tidak harus diberikan kepada hewan peliharaan kecuali dianjurkan oleh dokter hewan. Anak-anak juga harus diajarkan untuk tidak pernah memberikan permen atau makanan manusia untuk hewan peliharaannya.
Untuk keterangan lebih lanjut mengenai makanan apa saja yang tak boleh diberikan kepada binatang peliharaan Anda, hubungi dokter hewan kepercayaan Anda.


39 comments:

  1. Ada di No 10 it sist..
    Pke susu khusus kucing aja yaa..
    Biasanya di petshop ada kok ^_^

    ReplyDelete
  2. Aku baru tau kalo kucing gaboleh makan nasi :'( huaaa. Aku biasa kasih makan kucing nasi + pindang tongkol yang diancurin terus diaduk sama nasinya. ternyata gaboleh ya:(( kasian kucing aku, sempet mau beralih ke whiskas tp dia gabegitu suka, kenapa ya? apa gara2 biasa makan tongkol sama nasi nya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Samaa saya juga selalu kasih akan kucing ikan Bandeng rebus + nasi. Plus rebus Bandengnya pakai Bawang garam... jadi erasa ersalah

      Delete
    2. daripada bandeng mendingan tuna aja sis....
      tuna rebus m tempe rebus..
      tanpa bumbu yaa...
      trus diulet gt biar lembut.. :D

      Delete
    3. Kalau kucing makan coklat pasti bahaya atau ada kemungkinan nggak? Kucingku abis makan coklat :'(

      Delete
    4. Kalau kucing makan coklat pasti bahaya atau ada kemungkinan nggak? Kucingku abis makan coklat :'(

      Delete
    5. kucing2 dah biasa makan dng nasi dan ikan cuek...klo pke sarden mreka gak doya,,,apalg pke yg sarden dr wishkes or merk lg...t'utama yg butiran mrka suka tp yg butirannya wrna-wrni tuh...klo polos gak tll suka mrka....

      Delete
  3. baru tau kalo kucing gaboleh makan nasi:'( aku sering kasih makan kucing nasi + tongkol yg diancurin terus diaduk sama nasinya. sempet mau beralih ke makanan kucing kaya whiskas gitu tp dia kurang suka, apa karna kebiasaan makan nasi+tongkol itu ya? jd harus gmn :'( kasian kucingku

    ReplyDelete
  4. kalau jagung berhaya tidak ? atau dikategorikan sama dengan nasi (karbohidrat) ?

    ReplyDelete
  5. @ Sri : iyaa sis, boleh sii tp yaa jgn terlalu byk & sering yaa.. klo emg mau ganti makanan itu emg harus sabar sis & jg gak bisa tiba@ langsung ganti.. pelan2,, dicampur dulu m makanan yg lama gt.. :))

    @farni : jagung sama dgn nasi sis,, tp pd dasarnya kyknya kucing jarang yaa yg makan jagung :D

    ReplyDelete
  6. Kucing saya masih kecil dan baru saja muntah-muntah, bingung harus diapakan

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin keracunan makanannya sis,,
      klo gak nelan tulang utuh,,,
      cb ditunggu dulu aja..
      klo masii akit bawa dokter yaa

      Delete
  7. Tapi kalo kucing makan tulang gk dicincang gak apa apa kan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebaiknya jangan sis..
      kucing q makan tulang dikit (nyuri-nyuri sii) gak tau jg pas makan ehh bsknya sdkt diare sis..
      mndingan jgn kasih tulang aja yaa...

      Delete
  8. tapi kucingkuw sukanya makan tulang .. bahkan tulang-tulang keras gitu bsia dimakan habis smpe gak bersisa, heran juga liatnya,, cz biasanya kucing2 ku yg lain klo makan tulang selalu disisain bagian kerasnya.. tapi kucing 1 ni sungguh sadis..hehe.. dan kondisi kesehatannya gak apa2...baik-baik aja.. kata dokter jg gapapa kok.. mgkn daya tahan masing2 x yaa.. jd klo misal emg g cocok dhentikan aja..klo cocok ya di lanjut.. yg jelas jgn terlalu sering makan dry food krn bikin batu ginjal (terutama yg murah2-royal canin masih oke sih), n trlalu sering makan wet food bikin caries gigi.. jd vatiatif aja yaa..

    ReplyDelete
  9. Kucing ku biasa makan coklat, ma susu 😞
    Tapi dia baek2 aja

    ReplyDelete
  10. kalau coklat memang ngga boleh ya ?
    visit ungap-egosentrik.blogspot.com

    ReplyDelete
  11. Ak abis ngasi makan chambul pake nasi. Cz whiskas nya tgl seumprit. Blm beli nunggu gajian.. :'(

    Oia chambul ku kmrin abis brantem m puss lain. Skrg telinga nya luka ma berair. Ada obt yg bs dbeli tnpa k dokter gak? Hehe..

    ReplyDelete
  12. Whaaattt???!!!
    Nasi? Tiap hari aq kasi mkan nasi sm ikan.. Gmna dong :)

    ReplyDelete
  13. ? , kucing ku dah biasa sih makan anasi, tapiii.....dah terlanjur gimana byah ?

    ReplyDelete
  14. oke. dh mrah dh kucing sy hahaha

    ReplyDelete
  15. Kucing ku namanya Inyaw , warnah hitam punggunya warna putih perutnya ekornya sedang lah gk terlalu panjang gk terlalu pendek , biasanya dikasih nasi ama tulang tp biasa biasa aja kucing ku malaahan perutnya gendut ,

    ReplyDelete
  16. pantess...kucingku aku kasih susu buat manusia....mencret...

    ReplyDelete
  17. kucingjku kucing kampung... setiap hari aku kasih makan nasi+ iklan tuna olahan WISKAS. dari info yang saya terima dr teman, katanya kalo kucing kampung jangan sering - sering dikasih wiska..karena akan mengganggu lambung, dan menyebabkan mati muda. APakah itu betul ???
    Mohon infonya ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kucing kampung nie lain sikit..tikus hidup pon dia makan...kadang2 ular pon diorang baham...xda masalah bagi whiskers

      Delete
  18. cuka berbahaya tidak buat kucing???

    ReplyDelete
  19. maaf mau tanya klo cuka berbahaya tidak buat kucing.???

    ReplyDelete
  20. Aku rasa gak bs disama ratakan, ke semua jenis kucing, baik lokal maupun import. Tiap kucing punya daya tahan masing2, sm seperti manusia sj, Ada yg memang bs dikasih nasi, ada yg doyan makanan kering, makanan basah. Semua tergantung pengalaman masing2 pemelihara kucing sj.

    ReplyDelete
  21. Terimakasih, artikelntya sangat bagus sekali. Senang sekali berkunjung ke website anda. semoga dapat bermanfaat buat kita semua. Amin . . . . :D :D

    ReplyDelete
  22. Kucing lembik...dah setahun aku bagi makan nasi gaul dgn ikan..xda apa2 po

    ReplyDelete
  23. makasih mba infonya, sangat berguna. ternyata isi blognya penuh dengan kucing ya haha
    sukses trs mba, smoga kucingnya jg sehat trs n panjang umur :3

    ReplyDelete
  24. kucing makan nasi uda biasa ...tambah lbh sehattu makanan juga daging tdk melulu nasi..hanya kucing manja yang gak makan nasi..

    ReplyDelete
  25. waduh ampir setengah dari pint-point diatas udah dimakan ama kucing aku :|

    dia juga pernah muntah pas dikasih tulang ikan, sekarang udah gak mau lagi ngasih tulang ikan yang utuh, kasian, udah muntah, dia jadi lemes gitu, nafsu makannya jadi kurang, dan cuma tiduuuur doang :(

    ReplyDelete
  26. Kucing saya di kasih makan whiskas tapi ga terlalu sering karna belinya jauh, biar menghemat saya campur pake nasi gimana tuh yaaa..?? Tapi kalo belinya banyak saya ga campurin nasii..... Kalo tulang dia suka tapi kalo di kasih whiskas makin napsu makan nyaaa...

    ReplyDelete
  27. Aq punya kucing 3 bulan. Dia tuh kucingnya aktif. Makannya agak banyak. Tp akhir2 ini dia udah 2 kali kejet2. Trus nafas nya sesak. Pas pertama kali aq liat dia begitu badannya tuh basah. :-( itu dia kenapa ya? Trus cara nyembuhinnya gimana?? Help me please

    ReplyDelete
  28. Kucingku makan kadal,mungkin? Gmn ya

    ReplyDelete
  29. terimakasih untuk informasinya, sebenarnya klo dibiarkan tanpa di obati, penyakit apapun bisa menjadi berbahaya,

    ReplyDelete
  30. kalau kucing makan buah pepaya bahaya gak sis?

    ReplyDelete

Cute Polka Dotted Pink Bow Tie Ribbon