February 20, 2013

Cara yang Benar Memandikan Kucing


Tidak hanya Kucing Persia saja yang harus menjaga tubuhnya agar tetap terlihat cantik dan bersih, kucing lokal pun perlu untuk dimandikan.
Walapun kucing biasa tapi kalau kita merawatnya dengan baik dan penuh kasih sayang maka akan terlihat seperti kucing-kucing ras yang mahal.
Meskipun kucing-kucing sering menjilati bulu mereka sendiri sebagai cara merawat bulu, perawatan oleh pemilik tetap diperlukan karena hal ini juga akan menambah kedekatan pemilik dengan hewan peliharaannya.



Merawat bulu kucing selain memandikan juga menyisir bulu-bulunya dengan teratur untuk bisa menghilangkan rambut longgar dan membuat bulu tidak kusut/ gimbal.
Memandikan kucing memang bisa menjadii pekerjaan yang menantang, tetapi dengan ketekunan dan sedikit pengetahuan yang benar, memandikan kucing akan menjadi kegiatan yang mengasyikan... :D
Berikut adalah tips memandikan kucing Persia:
Beberapa Bahan yang diperlukan : 
1. Ember yang diisi air hangat 1/2 bagiannya.
2. Shampoo khusus kucing.
3. Handuk.
4. Alat Pengering Bulu ( Hair Dryer/Blower)
5. Sisir Kucing
6. Sikat Kucing/ Sikat Gigi.
7. Bila diperlukan : gunting kuku khusus kucing, parfum kucing, cottonsbuds, baby oil.

Cara Memandikan :  
1. Bersihkan telinga kucing dengan cottonbuds dan baby oil.
2. Potong kuku kucing (jangan terlalu pendek) untuk menghindari cakaran kucing pada saat dimandikan.
3. Periksa bagian-bagian yang sakit pada tubuh kucing (jamur, kutu biasanya menyerang dagu, leher, ketiak,ekor, telinga), setelah itu jangan lupa disikat pada saat dimandikan.
4. Mandikan kucing secara perlahan agar kucing tidak kaget, siram dari bagian leher sampai ekor. Pastikan air membasahi kucing sampai kekulitnya.
5. Ambil shampoo secukupnya dan usapkan pada kucing sampai rata keseluruh tubuh.
6. Setelah merata bersihkan bagian-bagian yang sakit dengan sikat gigi.
7. Keringkan kucing dengan handuk, kemudian dengan hair dryer sambil disisir untuk menghilangkan rambut yang rontok dan mempercepat pengeringan. Pastikan semua bulu sudah kering agar tidak menimbulkan jamur/ kutu yang baru.
8. Setelah bulu kering semprotkan parfum kucing secukupnya.

Selamat Mencoba!

No comments:

Post a Comment

Cute Polka Dotted Pink Bow Tie Ribbon