September 14, 2014

Jangan Potong Kuku Ku, Please...

7 Alasan untuk tidak memotong kuku kucing
Para pemilik kucing mungkin tak suka jika peliharaan mereka mencakar-cakar semua furnitur di rumah mereka. Beberapa orang mengambil jalan pintas dengan memotong atau mengikir cakar kucing mereka. Hal ini sebenarnya tak boleh dilakukan. Bahkan beberapa negara telah melarang praktik memotong kuku kucing.
Jika kalian ingin mempertimbangkan memotong kuku kucing peliharaan, ada baiknya ketahui beberapa hal berikut ini. Ini adalah alasan memotong kuku kucing sebaiknya tak dilakukan, seperti dilansir oleh All Women Stalk.


1. Menyakitkan

Jangan pikir kuku kucing sama dengan kuku manusia. Memotong kuku kucing harus
dilakukan dengan operasi dan ini bisa menyakitkan bagi mereka. Rasa sakit yang dirasakan tidak sama dengan rasa sakit setelah operasi saja, melainkan rasa sakit yang permanen. Setelah kuku atau cakar mereka dipotong, setiap kali berjalan atau menapakkan kakinya ke tanah kucing akan merasa sakit, seperti ketika kalian memakai sepatu yang kekecilan. Selain itu, memotong kuku kucing juga bisa mengakibatkan efek samping lain seperti sakit punggung pada kucing.

2. Prosedur

Prosedur memotong kuku kucing tak sama dengan memotong kuku manusia. Jika dibandingkan, ini sama saja dengan memotong kuku manusia sampai ke jari-jarinya. Tentu kalian tak akan senang jika itu terjadi bukan? Begitu juga dengan kucing. Memotong kuku mereka akan mengubah struktur kaki yang bersifat permanen. Prosedur yang dilakukan pun cukup mengerikan bagi para pecinta kucing. Prosedur pertama adalah dengan memotong cakar kucing dengan alat pemotong atau menggunakan laser. Setelah itu kaki kucing akan dijahit untuk menutup lukanya dan diperban selama beberapa hari.

3. Komplikasi kesehatan

Kucing yang cakarnya dipotong lebih rentan mengalami banyak masalah kesehatan. Bisa jadi dia terkena infeksi dari luka yang ada di bekas potongan kukunya atau akan ada jaringan kakinya yang rusak. Lebih parah lagi, kucing juga bisa sampai mengalami kaki yang mati rasa dan tak bisa bergerak. Kalian tentu tak ingin hal ini terjadi pada kucing kalian kan?

4. Perubahan perilaku

Setelah cakarnya dipotong, satu hal yang bisa terjadi pada kucing adalah perubahan perilaku. Kucing akan menjadi lebih lesu dan tak suka bermain. Mereka juga tak suka berjalan-jalan untuk menghindari rasa sakit pada kaki mereka. Jika kalian sangat suka bermain dengan kucing dan ingin kucing kalian bisa bermain dengan ceria, sebaiknya pertimbangkan lagi keputusan untuk memotong kuku mereka. Selain itu, kucing akan lebih suka menggigit. Karena mereka merasa sudah tak bisa menggunakan cakar, maka mereka akan cenderung melakukan perlawanan dengan cara menggigit.

5. Bukan hal yang penting

Salah satu alasan terbesar untuk tidak memotong kuku kucing adalah karena hal ini sebenarnya tidak diperlukan. Ya, memang ada beberapa keadaan yang membuat kuku kucing harus dipotong seperti jika kucing terkena tumor pada jari kakinya. Jika tidak, maka hal ini tak perlu dilakukan. Kalian mungkin bisa menyelamatkan perabot kalian, namun ini akan dibayar dengan penderitaan kucing kalian seumur hidupnya.

6. Biaya

Biaya yang dibutuhkan untuk memotong kuku kucing juga tak bisa dibilang murah karena harus melibatkan prosedur operasi yang rumit. Selain itu, biaya perawatan yang harus kalian keluarkan setelah kuku kucing dipotong juga bisa lebih besar. Daripada membuang uang untuk itu, lebih baik manfaatkan uang untuk membeli hal lainnya.

7. Penyelesaian cepat

Orang yang akan memotong kuku kucing mereka hanya karena tak ingin perabotan rusak adalah para pemalas. Mereka ingin penyelesaian yang instan tanpa mau repot-repot. Padahal ada banyak cara lain untuk membuat kucing tak melakukannya, seperti melatih mereka, membelikan tempat mencakar khusus, atau tidak mendekatkan mereka dengan furnitur yang mudah dicakar.


Itulah beberapa alasan mengapa memotong kuku kucing bukanlah hal yang baik untuk dilakukan. Berbeda dengan hanya mengikir kuku kucing agar membuatnya tidak tajam, memotong kuku melibatkan proses operasi yang bisa menyakitkan bagi kucing. Jika kalian benar-benar pecinta kucing, alasan di atas pasti cukup untuk tidak memotong kuku kucing peliharaan.

5 comments:

  1. Untung saja kucing saya gak pernah dipotong kukunya. Walau cuma kucing kampung, tapi warnanya lucu dominan putih ama sedikit warna merah. Jarang bgt kucing saya mencakar-cakar perabotan rumah.

    ReplyDelete
  2. Mungkin memotong kuku yang anda maksud adalah declaw/mencabut cakar kucing. Memotong kuku kucing tidak akan mendatangkan masalah asal dilakukan dengan benar. Anda bisa melakukannya sendiri dirumah dan umumnya bisa dilakukan setiap sebulan sekali. Potong hanya pada bagian ujungnya, bagian dimana tidak terdapat bercak pembuluh darah/bagian berwarna pink. Namun jika kucing anda kucing yang sering keluyuran diluar rumah mungkin memotong kuku tidak perlu dilakukan untuk mempertahankan diri dari serangan musuh

    ReplyDelete
  3. ya sebaiknya sebelum memutuskan untuk memotong kuku dipertimbangkan dengan baik supaya tidak menyakiti kucing yaa.. kalau tidak yakin sebaiknya konsultasi dulu dengan dokter hewan anda dulu yaa.. ^^

    ReplyDelete

Cute Polka Dotted Pink Bow Tie Ribbon