September 14, 2014

Mitos-Mitos Disekitar Kucing Hitam

Mitos dan fakta menarik seputar kucing hitam






Pernah dengar kucing hitam pembawa sial? Sepertinya mitos ini berkembang luas di masyarakat Indonesia. Dan ternyata, tidak hanya di Indonesia. Beberapa negara maju seperti Amerika juga percaya bahwa kucing hitam erat kaitannya dengan kesialan. Kucing hitam sering dikaitkan dengan hal-hal yang berbau mistis dan horor. 

Fakta terbaru berdasarkan Journal of Applied animal Welfare Science mengungkap bahwa kucing hitam seringkali ditelantarkan dan susah diadopsi. Pasalnya, banyak orang yang masih percaya bahwa kucing hitam membawa sial. Terkadang toko hewan atau perawatan hewan bahkan harus menurunkan harga adopsi atau menawarkan perawatan gratis untuk kucing hitam karena sepinya peminat.

Dari penelitian tersebut, sekitar 26,1 persen masyarakat merasa warna sangat penting ketika mengadopsi kucing. Sementara 23,9 persen merasa netral dengan warna kucing. Sementara itu, meski 50 persen orang mengaku bahwa warna tak penting, nyatanya kucing berwarna hitam masih kurang peminat.

Yang menduduki peringkat pertama dalam adopsi dan paling dicari adalah kucing berwarna putih polos. Di urutan ketiga ada warna abu-abu, kemudian hitam dan putih, merah, baru kemudian warna hitam dan cokelat.

Beberapa organisasi dunia bahkan tidak mengizinkan seseorang mengadopsi kucing hitam selama bulan Oktober karena ditakutkan akan terjadi kekejaman. Karena di bulan tersebut perayaan Halowwen diselenggarakan dan dikhawatirkan orang-orang yang percaya kucing hitam membawa kesialan akan melakukan perilaku kejam.

Apalagi, di beberapa budaya, kucing hitam diasosiasikan sebagai pertanda kesialan. Bulunya yang legam serta matanya yang berwarna kuning terang juga ikut menambah unsur mistis si kucing. Padahal,
mata kuning kucing hitam dihasilkan dari kandungan pigmen melanin yang tinggi, bukan hasil ritual penyihir di bawah bulan purnama.

Kepercayaan akan kucing hitam bermula dari sejarah di jaman Babylonia kuno tempo dulu. Saat itu kucing hitam dipersembahkan dalam upacara ritual untuk dibakar bersama sesaji lainnya. Mitos ini timbul karena ada seekor kucing hitam yang tidur di tengah-tengah seekor ular dengan pulasnya, padahal saat itu ular merupakan lambang dari kejahatan. Pemahaman ini terus berkembang hingga abad pertengahan, beberapa negara di dunia memiliki kepercayaan berbeda soal kucing hitam ini namun umumnya kucing hitam ini melambangkan hal atau pertanda yang kurang baik, berikut adalah mitos mitos kucing hitam di berbagai negara yang telah saya pilih.

1. Di Inggris, memberikan kucing hitam pada mempelai wanita justru dipercaya bisa memberikan nasib baik.


2. Beberapa organisasi tidak mengizinkan adopsi kucing hitam di bulan Oktober karena mereka khawatir kucing tersebut akan digunakan untuk ritual-ritual aneh oleh anak muda, atau sekte tertentu. Mereka khawatir kucing hitam tersebut akan diperlakukan dengan kejam.

3. Untuk membuat masyarakat mau mengadopsi kucing hitam, sebuah penitipan hewan di Nevada menggunakan jargon "Adopsi Phanter mini milik Anda sendiri!" dengan menyamakan kucing hitam dengan macam phanter, mereka berharap banyak orang tertarik mengadopsi kucing hitam. Dan hasilnya, 18 kucing hitam milik mereka berhasil diadopsi.

4. Berdasarkan kepercayaan Skotlandia, kucing hitam yang muncul di rumah adalah pertanda rezeki dan bisa mendatangkan kemakmuran.

5. Orang Jerman dan Italia percaya jika ada kucing hitam yang melompat ke atas tempat tidur orang yang sedang sakit, tandanya kematian akan segera menjemput orang yang sakit tadi

6. Di Mesir, kucing hitam justru jadi idola dan diperlakukan khusus. Pernah ditemukan sebuah makam yang berisi ribuan mumi kucing hitam. Selain itu, siapa pun yang membunuh kucing hitam, bisa diancam hukuman mati. Mereka menganggap kucing sangat spesial karena kucing dipercaya memiliki kemampuan merasakan yang terjadi di sekelilingnya, meski di malam hari.

7. Di Britania dan Jepang jika seekor kucing hitam memotong langkah kita saat sedang berjalan, artinya akan ada keberuntungan. Sementara, di Amerika dan Eropa justru sebaliknya.

Mitos Kucing Hitam di Berbagai Negara Gadis
8. Petani Latvia percaya kucing hitam yang bermain ke sawah mereka adalah titisan Rungis, si Dewa Panen.


9. Ada kepercayaan yang berkembang di Rusia, jika ada kucing hitam yang melintas di depan kita, maka kita harus jalan berbalik arah sambil memegang kancing baju atau jaket yang sedang kita pakai, untuk menghindari kesialan.


10. Orang Normandia percaya apabila dalam perjalanan Anda melihat seekor kucing hitam yang sedang menyebrang di tengah bulan purnama, mereka percaya bahwa Anda akan terserang suatu epidemik.

11. Masyarakat Finlandia percaya bahwa kucing hitamlah yang membawa jiwa manusia ke alam baka.

12. Di China kehadiran seekor kucing hitam merupakan pertanda bahwa mereka akan terkena penyakit atau akan jatuh miskin.

13. Di India jiwa yang bereinkarnasi dapat dibebaskan dengan melempar kucing hitam ke api.

14. Di Bengali, bahwa ada seorang wanita yang dapat merubah jiwa manusia menjadi seekor kucing hitam, dan setiap kucing hitam yang disakiti akan menyakiti wanita itu juga.

7. Penduduk Celts percaya bahwa kucing hitam dapat memprediksi masa depan.

Bagaimana menurut anda? Percaya dengan mitos kucing hitam membawa sial?


3 comments:

Cute Polka Dotted Pink Bow Tie Ribbon